Sitepu, Nurweni Fefiana Br. (2016) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SERTIFIKASI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI KECAMATAN KOTARIH–SERDANG BEDAGAI. Masters thesis, UNIMED.
01.Cover.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
02.Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
03.Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
04.Abstrak.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
05.Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
06.Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07.Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08.Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
09.Bab I.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
13.Bab V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14.Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menganalisis kompetensi pedagogik guru sertifikasi dalam melaksanakan pembelajaran di SD Negeri Negeri Kecamatan Kotarih Serdang Bedagai. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa (1) kompetensi pedagogik guru, (2) kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriftif yang bertujuan untuk menghasilkan gambaran yang akurat tentang proses pembelajaran dalam bentuk verbal. Sampel dalam penelitian ini adalah guru SD yang telah disertifikasi yang merupakan Pegawai Negeri Sipil. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling, sehingga diperoleh sebanyak 22 guru SD. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) sebanyak 15 orang atau sebesar 68,18% guru sertifikasi telah menguasai karakter peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional dan intelektual. (2) sebanyak 9 orang atau 40,90% guru sertifikasi telah menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. (3) sebanyak 9 orang atau sebesar 40,90% guru sertifikasi telah mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. (4) sebanyak 13 orang atau sebesar 59,09% guru sertifikasi telah menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. (5) sebanyak 9 orang atau sebesar 40,90% guru sertifikasi telah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. (6) sebanyak 15 orang atau sebesar 68,18% guru sertifikasi telah memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. (7) sebanyak 14 orang atau sebesar 63,63% guru sertifikasi telah berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik. (8) sebanyak 12 orang atau sebesar 54,54% guru sertifikasi telah menyelenggarakan penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. (9) sebanyak 12 orang atau sebesar 54,54% guru sertifikasi telah memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. (10) sebanyak 12 orang atau sebesar 54,54% guru sertifikasi telah melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Dalam penelitian ini juga dijelaskan bahwa kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran di SD adalah sebagai berikut : 1) sebanyak 14 orang atau sebesar 63,63% guru sertifikasi sudah memiliki kemampuan untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran di SD dengan baik dan bersifat menddidik, dan 2) sebanak 8 orang atau sebesar 36,36% guru sertifikasi kurang mampu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik di SD Kecamatan Kotarih.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Sit a |
Keywords: | Kompetensi guru; Kompetensi pedagogik; Kompetensi kepribadian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 10:17 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 10:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8495 |