Utami, Rahayu Dwi (2016) PENGARUH METODE BERCERITA DAN KEMAMPUAN MENYIMAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI DI TK YPIS MAJU BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146182033_COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM. 8146182033_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
3. NIM. 8146182033_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 8146182033_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM. 8146182033_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6. NIM. 8146182033_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. NIM. 8146182033_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8146182033_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8146182033_BAB I.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. NIM. 8146182033_BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
14. NIM. 8146182033_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh metode bercerita dengan menggunakan alat peraga boneka tangan dan metode bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar terhadap pembentukan karakter disiplin, 2) Pengaruh kemampuan menyimak terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia dini, 3) Interaksi antara metode bercerita dan kemampuan menyimak terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan bulan Januari sampai Februari 2016. Populasi penelitian adalah siswa kelompok B TK YPIS Maju Binjai sebanyak 52 orang yang ditentukan secara random sampling. Adapun sampel sebanyak 52 orang yang terdistribusi kedalam 2 kelas, kelompok B1 sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol dan Kelompok B2 sebanyak 27 orang sebagai kelas eksperimen. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalur. Hasil Penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil pembentukan karakter disiplin siswa yang diajar dengan metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan (X= 82,3) lebih tinggi dari pada hasil pembentukan karakter disiplin siswa yang diajar dengan menggunakan buku cerita bergambar (X = 70,16), hasil analisis varians menunjukkan nilai Fhitung sebesar 4,537 > nilai Ftabel 2,10 dan nilai probabilitas atau signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga Ho ditolak; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembentukan karakter disiplin anak dengan kemampuan menyimak tinggi (X = 93) dan siswa yang memiliki kemampuan menyimak rendah (X = 82,57), hasil analisis varians menunjukkan nilai Fhitung sebesar 14,728 > Ftabel 2,10 dengan nilai signifikan 0,0015 < 0,05 , sehingga Ho ditolak; (3) Terdapat interaksi antara metode bercerita dan kemampuan menyimak dalam mempengaruhi pembentukan karakter disiplin siswa, hasil analisis varians nilai Fhitung sebesar 3243,914 > Ftabel 230 dan signifikan 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.218 Uta p |
Keywords: | Metode bercerita; Kemampuan menyimak; Pembentukan karakter disiplin; Teori belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:53 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 09:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8492 |