Amalianda, Dinda (2016) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DILENGKAPI MACROMEDIA FLASH 8.0 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dilengkapi macromedia flash 8.0 lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning tanpa dilengkapi media, serta untuk mengetahui perkembangan afektif dan psikomotorik siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA/MA yang menggunakan kurikulum 2013, kelas XI, T.A 2015/2016. Sampel dipilih secara acak (random sampling) dari 3 kelas XI MIA yang ada di SMA Negeri 1 Galang terpilih 2 kelas yaitu kelas XI-MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI-MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model Problem Based Learning dilengkapi macromedia flash 8.0 dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model Problem Based Learning tanpa dilengkapi media. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t pihak kanan. Hasil uji t diperoleh thitung = 5,673 dan ttabel = 1,672. Karena thitung>ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan implementasi model Problem Based Learning dilengkapi macromedia flash 8.0 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan model Problem Based Learning tanpa dilengkapi media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 044 |
Keywords: | Problem Based Learning; Macromedia Flas 8.0; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 08:05 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8482 |