Manalu, Graciana (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA MOLYMOD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123131038 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 4123131038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. NIM. 4123131038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
4. NIM. 4123131038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
5. NIM. 4123131038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
6. NIM. 4123131038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
7. NIM. 4123131038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
8. NIM. 4123131038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
9. NIM. 4123131038 BAB I.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
13. NIM. 4123131038 BAB V.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
14. NIM. 4123131038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui
hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Media Molymod. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Santo Thomas 3 Medan
yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random
sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-3 sebagai kelas kontrol, dan
X-5 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 40 siswa.
Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes
objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal dengan lima option.
Instrumen tes yang digunakan memiliki nilai reabilitas 0,8012. Karena rhitung >
rtabel yaitu 0,801 > 0,349, maka instrumen tersebut reliabel. Kelas eksperimen
diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement
Division (STAD) dengan media molymod. Hasil penelitian bahwa untuk kelas
eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 30.375 dan nilai rata-rata post-test
adalah 84.5 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol adalah 27.375 dan nilai
rata-rata post-test adalah 76,875. Hasil uji t pihak kanan diperoleh thitung = 3,6584
dan ttable = 1,994, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan
model pembelajaran STAD dengan media molymod lebih tinggi dibandingkan
dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 046 |
Keywords: | Metode Pembelajaran; Media Molymod ;Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 07:44 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8478 |