Asmianur (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI PRAKTIKUM INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
(1) COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
(2A) Lembar Pengesahan skripsi.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
(2B) ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
(3) RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
(4)KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
(5) DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
(6) DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
(7) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
(8) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
(9) BAB 1.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
(13) BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
(14) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model problem based learning terintegrasi praktikum inkuiri terbimbing dengan media powerpoint pada materi reaksi redoks lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model problem based learning dengan media powerpoint dan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X IPA-7 (kelas eksperimen) dan X IPA-5 (kelas kontrol) dengan rata-rata siswa per-kelas adalah 45 orang. Sampel siswa diambil sebanyak 40 orang berdasarkan kehomogenan nilai pretest dan berdasarkan pada tabel krejci dengan α = 0,05 dimana jika jumlah siswa 45 maka sampel yang diambil adalah 40 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari insrumen tes untuk melihat hasil belajar siswa berupa tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan instrumen non-tes yaitu angket motivasi dan lembar observasi kognitif dan psikomotor belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan software microsoft excel. Hasil analisis diperoleh data gain hasil belajar siswa berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test satu pihak, yaitu uji t pihak kanan. Uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung = 2,381 sedangkan ttabel = 1,670 untuk α = 0.05. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model problem based learning terintegrasi praktikum inkuiri terbimbing dengan media powerpoint lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model problem based learning dengan media powerpoint. Koefisien korelasi antara motivasi dan hasil belajar diperoleh sebesar 0,90 yang berarti ada korelasi tinggi antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 047 |
Keywords: | PBL; Praktikum Inkuiri Terbimbing; Powerpoint; Redoks |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 07:42 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8477 |