Nadapdap, Fitriani (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4122131024 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 4122131024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
3. NIM. 4122131024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. NIM. 4122131024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM.4122131024 TABLE OF CONTEST.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM.4122131024 TABLES.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7. NIM.4122131024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 4122131024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
9. NIM. 4122131024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
13. NIM. 4122131024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
14. NIM. 4122131024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media e-learning terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 1 Lumban Julu.Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak tiga kelas sedangkan sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model direct instruction menggunakan media e-learning dan kelas control diberi perlakuan dengan model direct instruction tanpa menggunakan media e-learning.Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diuji cobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa yang diperoleh diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogeny dan terdistribusi normal. Uji hipotesis untuk hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan ujit-satu Pihak (pihak kanan) dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung>ttabel (5,97> 1,67) maka Ho ditolak, Ha diterima. Dengan demikian diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction menggunakan media e-learning lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa dengan model direct instruction tanpa menggunakan media e-learning pada materi hidrolisis garam. Uji hipotesis yang sama dilakukan untuk mengukur perbedaan motivasi belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa thitung>ttabel (3,18 >1.67)maka Ho ditolak, Ha diterima.Dengan demikian diperoleh bahwa motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction menggunakan media e-learning lebih tinggi dibandingkan dengan model direct instruction tanpa menggunakan media e-learning pada materi hidrolisis garam. Uji korelasi dilakukan untuk mengukur hubungan antara motivasi dengan peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rhitung>rtabel (0,391 > 0,355)maka Ho ditolak, Ha diterima. Dengan demikian terdapat hubungan antara motivasi dan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction menggunakan media e-learning dan tanpa menggunakan media e-learning pada materi hidrolisis garam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 027 |
Keywords: | E-learning; Larutan Garam; Hidrolisis Garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 03:44 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8454 |