PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Nadapdap, Fitriani (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.4122131024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4122131024 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4122131024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4122131024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4122131024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4122131024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4122131024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4122131024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4122131024 TABLE OF CONTEST.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4122131024 TABLE OF CONTEST.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.4122131024 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.4122131024 TABLES.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.4122131024 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM.4122131024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4122131024 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4122131024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4122131024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4122131024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4122131024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4122131024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4122131024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4122131024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media e-learning terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 1 Lumban Julu.Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak tiga kelas sedangkan sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model direct instruction menggunakan media e-learning dan kelas control diberi perlakuan dengan model direct instruction tanpa menggunakan media e-learning.Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diuji cobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa yang diperoleh diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogeny dan terdistribusi normal. Uji hipotesis untuk hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan ujit-satu Pihak (pihak kanan) dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung>ttabel (5,97> 1,67) maka Ho ditolak, Ha diterima. Dengan demikian diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction menggunakan media e-learning lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa dengan model direct instruction tanpa menggunakan media e-learning pada materi hidrolisis garam. Uji hipotesis yang sama dilakukan untuk mengukur perbedaan motivasi belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa thitung>ttabel (3,18 >1.67)maka Ho ditolak, Ha diterima.Dengan demikian diperoleh bahwa motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction menggunakan media e-learning lebih tinggi dibandingkan dengan model direct instruction tanpa menggunakan media e-learning pada materi hidrolisis garam. Uji korelasi dilakukan untuk mengukur hubungan antara motivasi dengan peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rhitung>rtabel (0,391 > 0,355)maka Ho ditolak, Ha diterima. Dengan demikian terdapat hubungan antara motivasi dan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction menggunakan media e-learning dan tanpa menggunakan media e-learning pada materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 027
Keywords: E-learning; Larutan Garam; Hidrolisis Garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:44
Last Modified: 09 Aug 2016 03:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8454

Actions (login required)

View Item
View Item