Yatmis, Alfitri (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122131001COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 4122131001 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
3. NIM. 4122131001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 4122131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 4122131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 4122131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 4122131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 4122131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM. 4122131001 BAB I.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
13. NIM. 4122131001 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 4122131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanhasil belajar dan nilai kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model problem based learning terintegrasi discovery learningdengan media audiovisual pada materi titrasi asam dan basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI PMS SMA Negeri 1 Tanjung Tiram yang berjumlah empat kelas dengan total jumlah siswa 143 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan teknik random sampling sebanyak dua kelas, yakni kelas XI PMS 3 sebagai kelas eksperimen I dan XI PMS 1 sebagai kelas eksperimen II.Masing - masing kelas terdiri atas 37 orang siswa.Data penelitian tentang hasil kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan observasi dan hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data hasil penelitian di Uji hipotesisdengan menggunakan uji t-test uji pihak kanan. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung = 2,076 sedangkan ttabel = 1,9994 untuk α = 0.05 dan dk = 62. Untuk uji hipotesis kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh thitung = 2,808 sedangkan ttabel = 1,9994 untuk α = 0.05 dan dk = 62.Dengan demikian thitung >ttabelmaka uji hipotesis hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa terima Ha dan tolak Ho. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa Peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning terintegrasi Discovery Learning dengan media audiovisual lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning terintegrasi discovery learning dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning terintegrasi Discovery Learning dengan media audiovisual lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning terintegrasi discovery learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 047 |
Keywords: | Problem Based Learning; Discovery Learning; Media Audio Visual; Hasil belajar; Kemampuan Berpikir Kritis; Titrasi Asam Basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 03:05 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8445 |