PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

Siagian, Anggi Paramita (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4121131002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4121131002 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4121131002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4121131002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4121131002 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4121131002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 4121131002 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.NIM 4121131002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4121131002 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4121131002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4121131002 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4121131002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4121131002 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4121131002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4121131002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4121131002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4121131002 BAB I PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4121131002 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4121131002 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4121131002 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4121131002 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4121131002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa antara strategi pembelajaran inkuiri dan metode demonstrasi dengan strategi konvensional dan mengetahui hubungan antara aktivitas belajar dengan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri dengan metode demonstrasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Katolik 1 Kabanjahe berjumlah delapan kelas. Sampel penelitian dua kelas yang diambil secara purposive. Data peningkatan hasil belajar siswa diambil dengan instrumen tes objektif pilihan berganda berjumlah 20 butir soal yang telah diuji validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil uji reliabilitas diperoleh rtabel(0,05) = 0,361 dan r11 = 0,827 yang berarti instrumen tes yang disajikan reliabel. Untuk aktivitas belajar digunakan instrumen lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan hubungan aktivitas belajar dengan peningkatan hasil belajar dianalisis dengan uji-r. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyrat data yaitu menggunakan uji normalitas data yang menggunakan uji chi kuadrat diperoleh
data pada peningkatan hasil belajar kelas eksperimen X2hitung < X2tabel yakni,
10,833 < 11,07 dan peningkatan hasil belajar kelas kontrol X2hitung < X2tabel yakni,
10,350 < 11,07 maka kedua data peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan
kontrol berdistribusi normal, serta homogenitas data diperoleh Fhitung < Ftabel yakni
1,03 < 1,76, maka kedua sampel homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis
dengan taraf signifikan 0,05 dan db = 35. Hasil analisis data peningkatan hasil belajar menunjukkan thitung 3,4811 > ttabel 1,668 yang berarti Ho ditolak Ha diterima yaitu peningkatan hasil belajar kelas eksperimen (0,646) lebih tinggi dari kelas kontrol (0,430). Persen peningkatan hasil belajar kelas eksperimen (64,60%) lebih tinggi dari kelas kontrol (43,00%). Hasil uji-t aktivitas belajar siswa diperoleh thitung 10,01 > ttabel 1,668 yang berarti Ho2 ditolak dan Ha2 diterima yaitu aktivitas belajar siswa kelas eksperimen (86,39) lebih tinggi dari kelas kontrol (78,52). Uji korelasi diperoleh rhitung (0,642) > rtabel (0,329) yang berarti Ho3 ditolak, Ha3 diterima yaitu ada korelasi positif dan signifikan antara aktivitas belajar dengan peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Katolik 1 Kabanjahe pada penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 098
Keywords: Strategi Pembelajaran Inkuiri; Metode Demonstrasi; Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Aug 2016 08:47
Last Modified: 08 Aug 2016 08:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8429

Actions (login required)

View Item
View Item