Rahmawati, Lia (2016) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG EFEKTIVITAS MATA KULIAH MICROTEACHING TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121141012 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4121141012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
3. NIM 4121141012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM 4121141012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM 4121141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM 4121141012 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4121141012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 4121141012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
12. NIM 4121141012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13. NIM 4121141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dan kendala-kendala pada perkuliahan
microteaching dalam mempersiapkan mahasiswa untuk melaksanakan PPL dan
mengetahui persepsi mahasiswa tentang efektivitas mata kuliah microteaching
terhadap pelaksanaan PPL. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan
Biologi angkatan 2012 yang telah lulus mata kuliah microteaching dan telah
melaksanakan PPL yang berjumlah 160 mahasiswa. Sampel yang diambil
sebanyak 40 mahasiswa dengan teknik sampel random sampling. Instrumen yang
digunakan untuk pengumpulan data adalah angket. Hasil penelitian bahwa
kendala pada perkuliahan microteaching dalam mempersiapkan mahasiswa untuk
melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) hanya pada ketersediaan
sarana yang meliputi ruang belajar (58,1 %) dan LCD (51,8 %) dan mata kuliah
microteaching efektif terhadap keberhasilan pelaksanaan Program Pengalaman
Lapangan (PPL) dari aspek dosen pengampu mata kuliah (75,1 %) dan mahasiswa
(80,8 %) sedangkan aspek sarana cukup efektif (55 %).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 092 |
Keywords: | Persepsi, Efektivitas; Microteaching; Pelaksanaan PPL. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 07:31 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8417 |