Lubis, Dini Arliza (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI LUMUT KELAS X SMA PAB SAMPALI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141024_COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 4123141024_LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. NIM. 4123141024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4. NIM. 4123141024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. NIM. 4123141024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM. 4123141024_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 4123141024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 4123141024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4123141024_BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM. 4123141024_BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 4123141024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model
pembelajaran Picture And Picture dengan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Sub Materi Lumut Kelas X SMA PAB Sampali Tahun
Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment
(eksperimen semu). Penelitian berlangsung pada bulan Februari sampai Juni 2016.
Sampel penelitian berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah tes objektif berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari
25 soal dan lembar observasi untuk penilaian afektif dan psikomotorik siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa yang menguasai
≥75% dari materi lumut yaitu 90,32% dari jumlah siswa, tingkat ketuntasan
belajar klasikal sebesar 90,32%, dan ketercapaian seluruh indikator telah
terpenuhi yaitu 100%. Penilaian afektif pada pertemuan pertama, rata-rata nilai
afektif yang diperoleh siswa adalah 85,16 dengan kategori baik, sedangkan pada
pertemuan kedua rata-rata nilai afektif siswa mengalami kenaikan yakni menjadi
89,03 dengan kategori baik. Penilaian psikomotorik pada pertemuan pertama ratarata
nilai psikomotorik yang diperoleh siswa adalah 84,23 dengan kategori baik,
sedangkan pada pertemuan kedua rata-rata nilai psikomotorik siswa mengalami
kenaikan yakni menjadi 84,83 dengan kategori baik. Dengan demikian penerapan
model pembelajaran Picture And Picture dengan Pendekatan Saintifik
diketegorikan efektif dalam pembelajaran Lumut Kelas X SMA PAB Sampali
Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 047 |
Keywords: | Efektivitas; Picture And Picture; Pendekatan Saintifik; Afektif; Psikomotorik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:22 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8402 |