PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA SWASTA ESA PRAKARSA SELESAI T.P 2015/2016

Utami, Maulida (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA SWASTA ESA PRAKARSA SELESAI T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123341024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123341024 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123341024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123341024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123341024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123341024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123341024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123341024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123341024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123341024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123341024 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123341024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123341024 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123341024 TABLE.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123341024 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123341024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123341024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123341024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123341024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123341024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123341024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123341024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMA Swasta Esa Prakarsa Selesai ini
bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Student Teams
Achievement Division (STAD). Jenis penelitian yang digunakan adalah
eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel
penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA
Swasta Esa Prakarsa Selesai yaitu sebanyak 2 kelas dengan rata-rata jumlah siswa
40 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total berupa sampel yang
diambil dari 2 kelas yaitu kelas X1 dan kelas X2 sebanyak 80 orang.Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu
untuk soal pretes dan soal postes sebanyak 30 soal yang masing-masing telah
dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Think Pair Share (TPS) lebih
tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar denga Student Teams Achievement
Division (STAD) dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu
2,22 > 1,99 pada taraf   0,05 , yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak
sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil
belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think
Pair Share (TPS) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada
materi ekosistem di SMA Swasta Esa Prakarsa Selesai tahun pembelajaran
2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BIO 056
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Think Pair Share (TPS); Student Teams Achievement Division (STAD)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:08
Last Modified: 08 Aug 2016 04:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8399

Actions (login required)

View Item
View Item