Utami, Maulida (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA SWASTA ESA PRAKARSA SELESAI T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123341024 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4123341024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3. NIM. 4123341024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4. NIM. 4123341024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4123341024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM. 4123341024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM. 4123341024 TABLE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 4123341024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
9. NIM. 4123341024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
13. NIM. 4123341024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 4123341024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMA Swasta Esa Prakarsa Selesai ini
bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Student Teams
Achievement Division (STAD). Jenis penelitian yang digunakan adalah
eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel
penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA
Swasta Esa Prakarsa Selesai yaitu sebanyak 2 kelas dengan rata-rata jumlah siswa
40 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total berupa sampel yang
diambil dari 2 kelas yaitu kelas X1 dan kelas X2 sebanyak 80 orang.Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu
untuk soal pretes dan soal postes sebanyak 30 soal yang masing-masing telah
dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Think Pair Share (TPS) lebih
tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar denga Student Teams Achievement
Division (STAD) dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu
2,22 > 1,99 pada taraf 0,05 , yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak
sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil
belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think
Pair Share (TPS) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada
materi ekosistem di SMA Swasta Esa Prakarsa Selesai tahun pembelajaran
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 056 |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Think Pair Share (TPS); Student Teams Achievement Division (STAD) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:08 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8399 |