Setiowati, Nisrina (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN DAN POWER POINT PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 4 KISARAN KABUPATEN ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123141065 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4123141065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
3. NIM 4123141065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM 4123141065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM 4123141065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 4123141065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4123141065 TABLES.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
8. NIM 4123141065 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 4123141065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM 4123141065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 4123141065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 4 Kisaran ini bertujuan untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran
Think Pair Share dengan video pembelajaran dan power point. Jenis penelitian
yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua
kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X SMA Negeri 4 Kisaran yaitu sebanyak 5 kelas dengan rata-rata jumlah
siswa 40 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan
teknik cluster random sampling, yaitu Kelas Eksperimen I (X2) dan Kelas
Eksperimen II (X3) masing-masing sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk soal postes
sebanyak 30 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel.
Sebelum pengujian hipótesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes.
Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan
menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua
sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian diperoleh bahwa ratarata
hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Think
Pair Share dengan video pembelajaran lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang
diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan power point
dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,235 > 1,988 pada
taraf 0,05. Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata postes
sebesar 70,5. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II rata-rata postes
sebesar 60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai postes siswa tidak
mencapai KKM, hal ini dikarenakan kurang sesuainya pemilihan model
pembelajaran dan media pembelajaran terhadap materi yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 122 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Think Pair Share; Video; Power Point; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:01 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8397 |