Gultom, Romasi (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMP SWASTA BRIGJEND KATAMSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141084_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 4123141084_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM. 4123141084_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
4. NIM. 4123141084_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 4123141084_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 4123141084_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 4123141084_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4123141084_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM. 4123141084_BAB I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13. NIM. 4123141084_BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM. 4123141084_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan quasi experiment. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa yang diajarkan menggunakan
model Problem Based Learning dengan model Discovery Learning pada materi
sistem pencernaan makanan pada manusia. Instrument yang digunakan untuk
mengetahui hasil belajar siswa adalah test objektif dalam bentuk pilihan berganda
sebanyak 20 soal. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan pembelajaran
menggunakan model PBL dan kelas eksperimen II pembelajaran menggunakan
model Discovery Learning. Kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen.
Hasil uji t diperoleh thit = 4,44 dan ttabel = 1,994 sehingga thitung > ttabel yang berarti
Ha diterima dan Ho ditolak. Maka ada perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar biologi siswa yang diajarkan menggunakan model Problem Based
Learning dengan siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning pada
materi sistem pencernaan makanan pada manusia. Hasil belajar menggunakan
model Problem Based Learning (80 + 11,49) dan psikomotorik (76,5/ Sangat
Baik) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model
Discovery Learning (68,00 + 12,03) dan psikomotorik (72,75/ Baik) pada materi
sistem pencernaan makanan pada manusia. Dengan perbandingan Kelas
eksperimen I : Kelas eksperimen II adalah 1,17:1 pada ranah kognitif dan
perbandingan pada keterampilan proses 1,05:1
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 059 |
Keywords: | Problem Based Learning; Discovery Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 03:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8388 |