PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMP SWASTA BRIGJEND KATAMSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Gultom, Romasi (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMP SWASTA BRIGJEND KATAMSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123141084_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123141084_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123141084_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123141084_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123141084_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123141084_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123141084_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123141084_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123141084_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123141084_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123141084_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123141084_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123141084_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123141084_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123141084_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123141084_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123141084_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123141084_BAB I.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123141084_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123141084_BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123141084_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123141084_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan quasi experiment. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa yang diajarkan menggunakan
model Problem Based Learning dengan model Discovery Learning pada materi
sistem pencernaan makanan pada manusia. Instrument yang digunakan untuk
mengetahui hasil belajar siswa adalah test objektif dalam bentuk pilihan berganda
sebanyak 20 soal. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan pembelajaran
menggunakan model PBL dan kelas eksperimen II pembelajaran menggunakan
model Discovery Learning. Kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen.
Hasil uji t diperoleh thit = 4,44 dan ttabel = 1,994 sehingga thitung > ttabel yang berarti
Ha diterima dan Ho ditolak. Maka ada perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar biologi siswa yang diajarkan menggunakan model Problem Based
Learning dengan siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning pada
materi sistem pencernaan makanan pada manusia. Hasil belajar menggunakan
model Problem Based Learning (80 + 11,49) dan psikomotorik (76,5/ Sangat
Baik) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model
Discovery Learning (68,00 + 12,03) dan psikomotorik (72,75/ Baik) pada materi
sistem pencernaan makanan pada manusia. Dengan perbandingan Kelas
eksperimen I : Kelas eksperimen II adalah 1,17:1 pada ranah kognitif dan
perbandingan pada keterampilan proses 1,05:1

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BIO 059
Keywords: Problem Based Learning; Discovery Learning; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:13
Last Modified: 08 Aug 2016 03:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8388

Actions (login required)

View Item
View Item