Sinaga, Sriayu Asrani (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS X1 SMA NEGERI 1 PALIPI KABUPATEN SAMOSIR T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122141018 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 4122141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM. 4122141018 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 4122141018 PREFACE .pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
5. NIM. 4122141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 4122141018 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4122141018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4122141018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 4122141018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
13. NIM. 4122141018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM. 4122141018 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Palipi Kabupaten Samosir yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 yang berjumlah 30 siswa di SMA Negeri 1 Palipi Kabupaten Samosir.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik persentase ketuntasan belajar siswa secara individu dan ketuntasan belajar klasikal. Rata-rata nilai pretes siswa adalah 47,74. Setelah diterapkan pembelajaran berbasis masalah (PBM) diperoleh rata-rata nilai postes I pada siklus I adalah 70,87 dan nilai postes II pada siklus II adalah 82,63. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan nilai hasil belajar siswa dari postes I ke postes II sebesar 12.Peresentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I diperoleh 53,3% atau sebanyak 16 siswa dinyatakan tuntas sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal belajar sebesar 86,7 % atau sebanyak 26 siswa diyatakan sudah tuntas. Untuk data persentase ketercapaian indikator diketahui bahwa pada siklus I tujuan pembelajaran yang ditetapkan pada kedua indikator belum tercapai, sedangkan pada siklus II indikator yang ditetapkan telah tercapai. Untuk data aktivitas belajar siswa diketahui bahwa tingkat aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 47,67% (siklus I) menjadi 87% (siklus II ).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 065 |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas; Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Siklus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 02:51 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8384 |