Barus, Rehulina (2016) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PRAKTIKUM SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141078 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4123141078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
3. NIM. 4123141078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM. 4123141078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 4123141078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
6. NIM. 4123141078 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM. 4123141078 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM. 4123141078 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM. 4123141078 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
13. NIM. 4123141078 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 4123141078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 5 Medan pada tahun pembelajaran 2015/2016 pada praktikum sistem ekskresi manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan penyajian data secara deskriptif. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIA5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA6 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran group investigation (GI) sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sains siswa dilihat dari 9 keterampilan, yaitu keterampilan membuat pertanyaan, berhipotesis, merencanakan percobaan, menggunakan alat dan bahan, mengobservasi,mengklasifikasikan, menerapkan konsep, menafsirkan/interpretasi, dan mengkomunikasikan. Berdasarkan hasil observasi menggunakan rubrik penilaian diperoleh skor keterampilan proses sains siswa yang diajar dengan menggunakan model group investigation lebih tinggi dibandngkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung (84,33 > 67,52). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigasi berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 108 |
Keywords: | Group Investigation; Keterampilan Proses Sains; Sistem Ekskresi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 02:02 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8376 |