Sagala, Roma (2016) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARANTERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA PADA MATERI SISTEMREPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA KATOLIK 1 KABANJAHE T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122141014_COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 4122141014_LEMBAR PENGESAHAN & PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
3. NIM. 4122141014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 4122141014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 4122141014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 4122141014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 4122141014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM. 4122141014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 4122141014_BAB I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
13. NIM. 4122141014_BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 4122141014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan
hasil belajar dan sikap siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Think-pair-share (TPS) berbantuan video pembelajaran pada materi Sistem Reproduksi
Manusia di kelas XI IPA SMA Katolik 1 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Katolik 1
Kabanjahe Tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri atas 4 kelas. Sampel penelitian ini
diambil secara Random Sample (sampel acak) dengan jumlah siswa sebanyak 66 orang.
Kelas XI IPA 4 menggunakan model tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan video
pembelajaran dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang sedangkan Kelas XI IPA 2
dengan menggunakan metode ceramah disertai LKS dengan jumlah siswa sebanyak 33
orang. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen. Berdasarkan nilai rata-rata siswa terlihat
adanya pengaruh hasil belajar dan sikap siswa dengan menggunakan model Think Pair
Share (TPS) dimana nilai postest siswa pada kelas Eksperimen sebesar 81,39 dengan
SD sebesar 7,97. Sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol sebesar 76,66
dengan SD sebesar 9,01. Adanya pengaruh hasil belajar tersebut juga terbukti melalui
pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana
thit > ttab (2,263 > 2,003), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima.
Nilai rata-rata sikap siswa pada kelas eksperimen yaitu 60,75% dan kelas kontrol
55,45% sehingga kedua kelas tersebut mendapat predikat baik. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan video pembelajaran terhadap hasil
belajar dan sikap siswa pada materi Sistem Reproduksi Pada Manusia di kelas XI IPA
SMA Katolik Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 046 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model kooperatif Think Pair Share; Sistem Reproduksi Manusia |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 07:56 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 09:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8364 |