Lubis, Lanni Febriani (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SUB MATERI TUMBUHAN PAKU DI KELAS X SMA PAB 4 SAMPALI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141052 COVER.docx - Published Version
Download (34kB)
2. NIM. 4123141052 APPROVAL SHEET.docx - Published Version
Download (375kB)
3. NIM. 4123141052 ABSTRACT.docx - Published Version
Download (20kB)
4. NIM. 4123141052 PREFACE.docx - Published Version
Download (18kB)
5. NIM. 4123141052 TABLE OF CONTENT.docx - Published Version
Download (20kB)
6. NIM. 4123141052 ILLUSTRATION.docx - Published Version
Download (18kB)
7. NIM. 4123141052 TABLES.docx - Published Version
Download (18kB)
8. NIM. 4123141052 APPENDICES.docx - Published Version
Download (19kB)
9. NIM. 4123141052 CHAPTER I.docx - Published Version
Download (33kB)
13. NIM. 4123141052 CHAPTER V.docx - Published Version
Download (23kB)
14. NIM. 4123141052 BIBLIOGRAPHY.docx - Published Version
Download (65kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan
motivasi belajar siswa menggunakan media audio visual dan media gambar pada
sub materi tumbuhan paku di kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran
2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri PAB 4 Sampali tahun
pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 101 orang. Sampel penelitian diambil
secara cluster random sampling yaitu mengambil dua kelas sebagai sampel
maing- masing kelas berjumlah 32 siswa. Kelas XB menggunakan media gambar
dan kelas XC menggunakan media Audio-Visual. Hasil penelitian nilai rata-rata
kelas Audio-Visual 81,125 ± 8,45 sedangkan pada kelas gambar 74,87 ± 8,87.
Terdapat perbedaan antara media Audio-visual dan media gambar sebesar 6,25.
Hasil penelitian motivasi belajar siswa kelas audio visual sebesar 72,29 sedangkan
kelas gambar 69,4. Adanya perbedaan hasil belajar ini terbukti melalui pengujian
hipotesis dengan menggunakan uji t-test dan P > 0,05, (thitung 2,89 > ttabel 1,99).
Sedangkan motivasi belajar siswa tidak terdapat perbedaan terbukti melalui uji ttest
(thitung 0,20 < ttabel 1,99). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media audio visual dan media gambar
pada sub materi tumbuhan paku di kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun
Pembelajaran 2015/2016. Tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa
menggunakan media audio visual dan media gambar pada sub materi tumbuhan
paku di kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 075 |
Keywords: | Media Audiovisual; Media Gambar; Hasil Belajar Siswa; Motivasi Belajar |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 03:30 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8351 |