Sipahutar, Yohana Ningrum (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION(PBI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SIDIKALANG PADA MATERI KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGANTAHUN PEMBELAJARAN 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123141100 COVER.docx - Published Version
Download (88kB)
2. NIM 4123141100 APPROVAL SHEET.docx - Published Version
Download (348kB)
3. NIM 4123141100 ABSTRACT.docx - Published Version
Download (19kB)
4. NIM 4123141100 PREFACE.docx - Published Version
Download (21kB)
5. NIM 4123141100 TABLE OF CONTENT.docx - Published Version
Download (24kB)
6. NIM 4123141100 ILLUSTRATION.docx - Published Version
Download (18kB)
7. NIM 4123141100 TABLES.docx - Published Version
Download (18kB)
8. NIM 4123141100 APPENDICES.docx - Published Version
Download (19kB)
9. NIM 4123141100 CHAPTER I.docx - Published Version
Download (164kB)
13. NIM 4123141100 CHAPTER V.docx - Published Version
Download (205kB)
14. NIM 4123141100 BIBLIOGRAPHY.docx - Published Version
Download (33kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem
based instruction (PBI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri
3 Sidikalang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya
adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa
224 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara random (random
sampling). Dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII-6 sebagai kelas eksperimen
(PBI) dan VII-7 sebagai kelas Kontrol. Kelas eksperimen terdapat 30 siswa dan
kontrol 30 siswa sehingga sampel berjumlah 60 siswa. Instrumen yang digunakan
berupa soal tes berpikir kritis sebanyak 20 soal yang digunakan sebagai soal pretest
dan post-test. Rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen
sebesar 74,3 dengan standar deviasi 10,31. Kelas kontrol 64,3 dengan standar
deviasi 9,9 sehingga terdapat perbedaan nilai sebesar 10 dengan perbandingan
eksperimen : kontrol = 1 : 1,15. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t
menunjukkan nilai thitung = 3,835 dan ttabel = 2,002 dengan taraf signifikansi 0,05.
Ho diterima jika –t(1-1/2α)< thit< t(1-1/2α). Berdasarkan kriteria tersebut penelitian ini
menolak Ho dan menerima Ha. Sehingga terdapat perbedaan kemampuan berpikir
krits siswa yang diajar dengan model problem based instruction pada materi
kependudukan dan lingkungan di Kelas VII SMP Negeri 3 Sidikalang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 107 |
Keywords: | Model Problem Based Instruction; Kemampuan Berpikir Kritis; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 02:54 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8344 |