Sitepu, Dwi Aryuli (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SEI BINGAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4121141005 COVER.docx - Published Version
Download (35kB)
2. NIM. 4121141005 APPROVAL SHEET.docx - Published Version
Download (256kB)
3. NIM. 4121141005 ABSTRACT.docx - Published Version
Download (24kB)
4. NIM. 4121141005 PREFACE..docx - Published Version
Download (22kB)
5. NIM. 4121141005 TABLE OF CONTENT.docx - Published Version
Download (24kB)
6. NIM. 4121141005 ILLUSTRATION.docx - Published Version
Download (20kB)
7. NIM. 4121141005 TABLE.docx - Published Version
Download (20kB)
8. NIM. 4121141005 APPENDICES.docx - Published Version
Download (21kB)
9. NIM. 4121141005 CHAPTER I.docx - Published Version
Download (36kB)
13. NIM. 4121141005 CHAPTER V.docx - Published Version
Download (29kB)
14. NIM. 4121141005 BIBLIOGRAPHY.docx - Published Version
Download (31kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Model
Pembelajaran Project Based Learning pada materi Pencemaran dan Kerusakan
Lingkungan di kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bingai T.P 2015/2016 yang terdiri dari
7 kelas dengan jumlah siswa 224 orang. Sedangkan sampel diambil berdasarkan
random sampling sebanyak dua kelas yaitu 64 siswa, yaitu 32 siswa kelas VII-1
(menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning) dan 32 orang kelas
VII-2 (menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning). Jenis
penelitian yang dilakukan adalah eksperimental. Pada kelas eksperimen I
(menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning ) didapat rata-rata
hasil belajar siswa sebesar 82,71 dengan standar deviasi 4,75 sedangkan pada
kelas eksperimen II (menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning)
memiliki rata-rata sebesar 90,63 dengan standar deviasi 5,32. Adanya perbedaan
hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan
uji-t pada taraf α = 0,05, dimana thitung (14,14) > ttabel (1,6697). Hal tersebut
menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa ada perbedaan hasil belajar dimana kelas eksperimen II (menggunakan
Model Pembelajaran Project Based Learning) lebih tinggi daripada kelas
eksperimen I (menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning) pada
materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di Kelas VII SMP Negeri 1 Sei
Bingai Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 106 |
Keywords: | Hasil belajar siswa; Problem Based Learning; Project Based Learning |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 02:40 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8342 |