Naibaho, Elisa Librana (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN REALISTIK SISWA SMP PUTRI CAHAYA MEDAN T.A 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4121111010 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM.4121111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3. NIM.4121111010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. NIM.4121111010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5. NIM.4121111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM.4121111010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM.4121111010 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM.4121111010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
9. NIM.4121111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (868kB) | Preview
13. NIM.4121111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM.4121111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa
melalui penerapan dari Pendekatan Realistik pada materi kubus dan balok sub
bahasan luas permukaan dan volume di kelas VIII SMP Putri Cahaya Medan.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Putri Cahaya Medan T.A
2015/2016 yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan
berpikir kritis dab komunikasi matematis siswa dengan menerapkan pendekatan
Realistik pada materi kubus dan balok.
Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I
melalui pemberian tes kemampuan berpikir kritis I diperoleh 11 siswa (27,5%)
yang telah mencapai ketuntasan belajar (kategori kemampuan minimal sedang)
sedangkan untuk kemampuan komunikasi matematis I diperoleh 18 siswa (45%)
dari 40 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (kategori kemampuan minimal
sedang). Pada tindakan II mengalami peningkatan dimana untuk kemampuan
berpikir kritis II diperoleh 34 siswa (85%) telah mencapai ketuntasan belajar
(nilainya 70) dan untuk kemampuan komunikasi matematis II diperoleh 35
siswa (87,5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 70). Adapun
respon siswa terhadap pendekatan Realistik adalah positif.
Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan
Pendekatan Realistik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan
komunikasi matematis siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII-6 SMP
Putri Cahaya Medan T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 079 |
Keywords: | Pendekatan Realistik; Berpikir Kritis; Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 06:23 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 06:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8327 |