Putri, Edia Wiradaratama (2016) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA DI KELAS VII MTS KHADIJAH TANJUNG MORAWA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4121111008 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
2. 4121111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
4. 4121111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. 4121111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. 4121111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. 4121111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. 4121111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
8. 4121111008 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. 4121111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
10. 4121111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
14.4121111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
15. 4121111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui apakah pendekatan realistik
dapat meningkatan penalaran matematik siswa pada materi segiempat (2)
Mengetahui ketuntasan belajar siswa terhadap kemampuan penalaran matematik
(3) megetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan realistik
pada materi segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-2 MTs Khadijah Tanjung Morawa Tahun
Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 orang. Objek penelitian adalah penerapan
pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematik siswa
pada materi segiempat di kelas VII-2 MTs Khadijah Tanjung Morawa T.A
2015/2016. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana diakhir setiap siklus
diberikan tes kemampuan penalaran matematik siswa untuk mengetahui
kemampuan penalaran matematik siswa.
Berdasarkan hasil tes kemampuan awal yang dilakukan sebelum
tindakan, diketahui tingkat kemampuan penalaran matematik siswa sangat rendah
dengan nilai rata-rata kelas 33,68. Setelah pemberian tindakan pada siklus I,
tingkat kemampuan penalaran matematik siswa adalah sangat rendah dengan nilai
rata-rata kelas 31,01 dan tidak ada siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar
secara individu. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan siklus II, tingkat
kemampuan penalaran matematik siswa adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas
79,86 dengan 21 orang atau sebesar 87,5% siswa yang telah mencapai ketuntasan
belajar.
Berdasarkan uraian-uraian di atas dapat disimpulkan penalaran
matematik siswa meningkat dengan menerapkan pendekatan realistik pada materi
segiempat di kelas VII-2 MTs Khadijah Tanjung Morawa T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 03:22 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8317 |