PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 44 MEDAN

Hsb, Armi Mayang Sari (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 44 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4121111004_COVER .pdf]
Preview
Text
1. 4121111004_COVER .pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4121111004_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 4121111004_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4121111004_RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. 4121111004_RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4121111004_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. 4121111004_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4121111004_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. 4121111004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 6. 4121111004_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. 4121111004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 7. 4121111004_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 4121111004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. 4121111004_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. 4121111004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4121111004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. 4121111004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 10. 4121111004_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. 4121111004_BAB I.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4121111004_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. 4121111004_BAB V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 15. 4121111004_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. 4121111004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa komunikasi
matematik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-
Talk-Write (TTW) berbeda secara signifikan dengan kemampuan komunikasi
matematik siswa yang diajar menggunakan tipe Student-Teams-Achievement-
Division (STAD) pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 44
Medan T.A 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP N 44
Medan yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 175 orang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan
mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas VIII-E sebagai kelas
eksperimen 1 yang berjumlah 35 orang dan kelas VIII-A sebagai kelas
eksperimen 2 yang berjumlah 35 orang. Yang menjadi objek penelitian ini adalah
perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisison
(STAD) dan tipe Think-Talk-Write (TTW). Instrumen yang digunakan untuk
mengetahui komunikasi matematik siswa adalah tes komunikasi matematik yang
telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan
perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran
kooperatif tipe TTW diperoleh skor rata-rata pretes 16,57 dan postes 31,51
dengan selisih 14,94 serta memiliki peningkatan sebesar 0,284 dan kelas
eksperimen 2 dengan tipe STAD diperoleh skor rata-rata pretes 32,51 dan postes
41,71 dengan selisih 9,2 serta memiliki peningkatan sebesar 0,216. Hasil uji t dua
pihak dengan dk = 68 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 2,264 dan ttabel = 1,997
sehingga thitung > ttabel yaitu 2,264 > 1,9997 maka Ha diterima, dengan demikian
diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematik yang diajar
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW)
berbeda secara signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams
Achievemnt Division (STAD) .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 087
Keywords: Model Pembelajaran; Komunikasi Matematika; Kubus; Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:15
Last Modified: 04 Aug 2016 03:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8316

Actions (login required)

View Item
View Item