Hsb, Armi Mayang Sari (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 44 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4121111004_COVER .pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. 4121111004_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. 4121111004_RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4. 4121111004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
5. 4121111004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6. 4121111004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. 4121111004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. 4121111004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. 4121111004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
10. 4121111004_BAB I.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
14. 4121111004_BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
15. 4121111004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa komunikasi
matematik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-
Talk-Write (TTW) berbeda secara signifikan dengan kemampuan komunikasi
matematik siswa yang diajar menggunakan tipe Student-Teams-Achievement-
Division (STAD) pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 44
Medan T.A 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP N 44
Medan yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 175 orang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan
mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas VIII-E sebagai kelas
eksperimen 1 yang berjumlah 35 orang dan kelas VIII-A sebagai kelas
eksperimen 2 yang berjumlah 35 orang. Yang menjadi objek penelitian ini adalah
perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisison
(STAD) dan tipe Think-Talk-Write (TTW). Instrumen yang digunakan untuk
mengetahui komunikasi matematik siswa adalah tes komunikasi matematik yang
telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan
perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran
kooperatif tipe TTW diperoleh skor rata-rata pretes 16,57 dan postes 31,51
dengan selisih 14,94 serta memiliki peningkatan sebesar 0,284 dan kelas
eksperimen 2 dengan tipe STAD diperoleh skor rata-rata pretes 32,51 dan postes
41,71 dengan selisih 9,2 serta memiliki peningkatan sebesar 0,216. Hasil uji t dua
pihak dengan dk = 68 dan = 0,05, diperoleh thitung = 2,264 dan ttabel = 1,997
sehingga thitung > ttabel yaitu 2,264 > 1,9997 maka Ha diterima, dengan demikian
diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematik yang diajar
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW)
berbeda secara signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams
Achievemnt Division (STAD) .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 087 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Komunikasi Matematika; Kubus; Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 03:15 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8316 |