Hutagaol, Rikardo (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN T.A. 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123111067 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4123111067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM 4123111067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM 4123111067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM 4123111067 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM 4123111067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4123111067 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 4123111067 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM 4123111067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
13. NIM 4123111067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
14. NIM 4123111067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan
kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) pada materi kubus dan
balok di kelas VIII SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 17 Medan yang
berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatan kemampuan
komunikasi matematik siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif
tipe Think-Talk-Write (TTW) pada materi kubus dan balok. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Penelitian ini terdiri dari
2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi
matematik. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu divalidkan ke validator.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer diperoleh
pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan penulis pada siklus I termasuk
dalam kategori baik dengan rata-rata nilai observasi 3,05, dan pada siklus II
termasuk kategori baik dengan rata-rata nilai observasi 3,18.
Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui
tes kemampuan komunkasi matematik I diperoleh 18 orang siswa (56,25%) dari
32 orang siswa telah mencapai nilai 65. Setelah siklus II, melalui tes
kemampuan komunkasi matematik II diperoleh 28 orang siswa (87,5%) dari 32
orang siswa telah mencapai nilai 65. Terjadi peningkatan persentasi tingkat
kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh nilai 65 sebesar
31,25%.
Hasil tes kemampuan komunikasi matematik siswa pada setiap aspek yang
diteliti, pada aspek representasi rata-rata nilai siswa pada siklus I 65,63, pada
siklus II meningkat menjadi 82,03, aspek menggambar pada siklus I 82,03, pada
siklus II meningkat menjadi 85,94, aspek menulis/ menjelaskan pada siklus I
51,56, pada siklus II meningkat menjadi 75,78. Nilai rata-rata pada tes
kemampuan komunikasi matematik pada siklus I masih rendah dengan nilai ratarata
62,7 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,88 sudah dalam kategori
sedang. Peningkatan nilai rata-rata tes yaitu 17,18.
Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi
matematik siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) pada materi kubus dan
balok di kelas VIII-8 SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2015/ 2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 053 |
Keywords: | Komuniaksi Matematik; Kubus dan Balok; Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 08:55 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8308 |