PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN JIGSAW DI SMA CERDAS MURNI TEMBUNG PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS T.A 2015/2016

Harahap, Auliya Rahma Lola Rajana (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN JIGSAW DI SMA CERDAS MURNI TEMBUNG PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123111008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123111008 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123111008 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123111008 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123111008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123111008 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123111008 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123111008DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123111008DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4123111008 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4123111008 BAB I.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123111008 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123111008 BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4123111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4123111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan
komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran tipe
kooperatif NHT dengan model pembelajaran tipe kooperatif Jigsaw di SMA
CERDAS MURNI Tembung pada materi Persamaan Garis Lurus T.A 2015/2016
dan apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model
pembelajaran tipe kooperatif NHT lebih baik dari pada kemampuan komunikasi
matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran tipe kooperatif Jigsaw
di SMA CERDAS MURNI Tembung pada materi Persamaan Garis Lurus T.A
2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA CERDAS MURNI Tembung
yang terdiri dari 3 kelas dan yang menjadi sampel penelitian adalah 2 kelas yang
telah dipilih secara acak yaitu kelas XI IPA 2 menjadi kelas eksperimen 1 dengan
menggunakan model pembelajaran NHT dan kelas XI IPA 1 menjadi kelas
eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan masingmasing
kelas berjumlah 38 orang siswa. Objek penelitian ini adalah perbedaan
kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran
NHT dan Jigsaw. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrumen yaitu pretest
dan posttest yang telah divalidasi dalam bentuk soal uraian. Pada kelas
eksperimen 1 NHT, nilai rata-rata pretest adalah 63.11 dan nilai rata-rata posttest
adalah 87.78 dengan selisih rata-rata adalah 24.67 sedangkan pada kelas
eksperimen 2 Jigsaw, nilai rata-rata pretest adalah 59.26 dan nilai rata-rata
posttest adalah 79.23 dengan selisih rata-rata adalah 19.97. Dari hasil analisis data
pretest dilakukan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi
normal dan uji homogenitas untuk mengetahui apakah data homogen. Setelah
diuji terbukti data berdistribusi normal dan homogen. Setelah data pretest terbukti
berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab
hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t pihak kanan. Dari hasil uji
hipotesis diperoleh thitung (4.112) > (1.667). Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan
model pembelajaran NHT dan Jigsaw dan kemampuan komunikasi matematis
siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT lebih baik daripada Jigsaw.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 055
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Persamaan Garis Lurus
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:59
Last Modified: 04 Aug 2016 02:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8298

Actions (login required)

View Item
View Item