Harahap, Auliya Rahma Lola Rajana (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN JIGSAW DI SMA CERDAS MURNI TEMBUNG PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123111008 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4123111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. NIM. 4123111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 4123111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 4123111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM. 4123111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
6. NIM. 4123111008DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4123111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
10. NIM. 4123111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
14. NIM. 4123111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
15. NIM. 4123111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan
komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran tipe
kooperatif NHT dengan model pembelajaran tipe kooperatif Jigsaw di SMA
CERDAS MURNI Tembung pada materi Persamaan Garis Lurus T.A 2015/2016
dan apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model
pembelajaran tipe kooperatif NHT lebih baik dari pada kemampuan komunikasi
matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran tipe kooperatif Jigsaw
di SMA CERDAS MURNI Tembung pada materi Persamaan Garis Lurus T.A
2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA CERDAS MURNI Tembung
yang terdiri dari 3 kelas dan yang menjadi sampel penelitian adalah 2 kelas yang
telah dipilih secara acak yaitu kelas XI IPA 2 menjadi kelas eksperimen 1 dengan
menggunakan model pembelajaran NHT dan kelas XI IPA 1 menjadi kelas
eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan masingmasing
kelas berjumlah 38 orang siswa. Objek penelitian ini adalah perbedaan
kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran
NHT dan Jigsaw. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrumen yaitu pretest
dan posttest yang telah divalidasi dalam bentuk soal uraian. Pada kelas
eksperimen 1 NHT, nilai rata-rata pretest adalah 63.11 dan nilai rata-rata posttest
adalah 87.78 dengan selisih rata-rata adalah 24.67 sedangkan pada kelas
eksperimen 2 Jigsaw, nilai rata-rata pretest adalah 59.26 dan nilai rata-rata
posttest adalah 79.23 dengan selisih rata-rata adalah 19.97. Dari hasil analisis data
pretest dilakukan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi
normal dan uji homogenitas untuk mengetahui apakah data homogen. Setelah
diuji terbukti data berdistribusi normal dan homogen. Setelah data pretest terbukti
berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab
hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t pihak kanan. Dari hasil uji
hipotesis diperoleh thitung (4.112) > (1.667). Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan
model pembelajaran NHT dan Jigsaw dan kemampuan komunikasi matematis
siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT lebih baik daripada Jigsaw.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 055 |
Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Persamaan Garis Lurus |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 07:59 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8298 |