PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V MIS IKHWANUL MUSLIMIN II TEMBUNG

Ramadhani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V MIS IKHWANUL MUSLIMIN II TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional (2) Perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dan hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif, (3) Perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dan hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif, (4) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan interaksi sosial terhadap hasil belajar PKn siswa.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIS Ikhwanul Muslimin II Tembung. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa dimana 32 siswa sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model problem based learning dan 30 siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Instrumen penelitian dengan menggunakan angket interaksi sosial siswa dan tes hasil belajar PKn siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α=0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional harga fhitung= 8,369 > Ftabel = 3,980 pada taraf signifikan α = 0,05, (2) Hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial koperatif lebih tinggi daripada hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial Kompetitif (Fhitung= 7,889 > Ftabel = 3,980) pada taraf signifikan α = 0,05, (3) Hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial koperatif lebih tinggi dibanding hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif yang diajarkan dengan model problem based learning (fh = 5,454 > ft = 3,980), (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan interaksi sosial terhadap hasil belajar PKn siswa (Fhitung = 5,354 > Ftabel = 3,980) dengan dk (1,68) pada taraf α = 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.832 Ram p
Keywords: Hakikat belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran; Pembelajaran konvensional; Problem based learning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Aug 2016 02:25
Last Modified: 03 Aug 2016 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8280

Actions (login required)

View Item
View Item