Ramadhani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V MIS IKHWANUL MUSLIMIN II TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional (2) Perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dan hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif, (3) Perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dan hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif, (4) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan interaksi sosial terhadap hasil belajar PKn siswa.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIS Ikhwanul Muslimin II Tembung. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa dimana 32 siswa sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model problem based learning dan 30 siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Instrumen penelitian dengan menggunakan angket interaksi sosial siswa dan tes hasil belajar PKn siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α=0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional harga fhitung= 8,369 > Ftabel = 3,980 pada taraf signifikan α = 0,05, (2) Hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial koperatif lebih tinggi daripada hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial Kompetitif (Fhitung= 7,889 > Ftabel = 3,980) pada taraf signifikan α = 0,05, (3) Hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial koperatif lebih tinggi dibanding hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif yang diajarkan dengan model problem based learning (fh = 5,454 > ft = 3,980), (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan interaksi sosial terhadap hasil belajar PKn siswa (Fhitung = 5,354 > Ftabel = 3,980) dengan dk (1,68) pada taraf α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Ram p |
Keywords: | Hakikat belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran; Pembelajaran konvensional; Problem based learning |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 02:25 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8280 |