Multina, Mega (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN BERSIKLUS DI MTSN LHOKSEUMAWE. Masters thesis, UNIMED.
1. 8146171052 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 8146171052 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3. 8146171052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. 8146171052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
5. 8146171052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. 8146171052 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. 8146171052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. 8146171052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
12. 8146171052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
13. 8146171052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran dan disposisi matematis antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran bersiklus. Selain itu, dalam penelitian ini juga untuk mengetahui terdapat atau tidak terdapatnya interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Lhokseumawe. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas eksperimen, yaitu kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen 1 mendapat perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen 2 mendapat perlakuan dengan model pembelajaran bersiklus. Hasil analisis data terhadap tes kemampuan awal, tes kemampuan penalaran dan angket disposisi menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Selanjutnya untuk menjawab rumusan masalah digunakan ANAVA dua jalur. Dari hasil perhitungan ANAVA didapat kesimpulan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran bersiklus. (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. (3) Terdapat perbedaan disposisi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran bersiklus. (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Mul p |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran bersiklus; Kemampuan penalaran dan disposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 08:01 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8265 |