Sianipar, Une Doro Sigop (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MERDEKA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136172087 COVER.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
2. NIM 8136172087 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM 8136172087 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM 8136172087 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM 8136172087 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
6. NIM 8136172087 TABLES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM 8136172087 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
8. NIM 8136172087 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
9. NIM 8136172087 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. NIM 8136172087 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 8136172087 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)Apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran koopertif tipe jigsaw lebih tinggi dari pada siswa kelas X SMK Negeri 1 yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional; (2) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran koopertif tipe jigsaw lebih tinggi dari pada siswa kelas X SMK Negeri 1 yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional; (3) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa kelas X SMK Negeri 1 terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa; dan (4) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa kelas X SMK Negeri 1 terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Merdeka. Kemudian dipilihlah siswa kelas X BB sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X GB sebagai kelas kontrol melalui teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemahaman konsep dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan dengan ANAVA 2 Jalur.
Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan matematika. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 9 Sia p |
Keywords: | Kemampuan pemahaman konsep; Kemampuan pemecahan masalah matematika; Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 03:14 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8255 |