Sinaga, Reinna Aprillia (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS TEORI VAN HIELE DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SIKAP SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8 BAB I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
12 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah kemampuan spasial dan sikap siswa terhadap matematika dan pembelajaran dengan pembelajaran geometri berbasis teori Van Hiele dengan teknik peta pikiran lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran geometri berbasis teori Van Hiele tanpa teknik peta pikiran, (2) apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan spasial dan sikap siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Medan dan sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas VIII-3 (kelas eksperimen 1) dan kelas VIII-1 (kelas eksperimen 2) masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrument yang digunakan terdiri dari:(1) tes KAM, (2) tes kemampuan spasial siswa dan (3) skala sikap positif, pada materi kubus dan balok. Instrument tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,810 dan 0,894 berturut-turut untuk kemampuan spasial dan sikap siswa. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan spasial dan sikap siswa terhadap matematika dan pembelajaran yang diberi pembelajaran geometri berbasis teori Van Hiele dengan teknik peta pikiran lebih tinggi dari pada siswa yang diberi pembelajaran geometri berbasis teori Van Hiele tanpa teknik peta pikiran, (2) terdapat interaksi antara pembelajaran matematika dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan spasial dan sikap siswa terhadap matematika dan pembelajarannya. Peneliti menyarankan agar pembelajaran geometri berbasis teori Van Hiele dengan teknik peta pikiran menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan spasial dan sikap siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.071 Sin p |
Keywords: | Pembelajaran geometri berbasis teori van hiele; Peta pikiran; Kemampuan spasial; Sikap siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 03:08 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8230 |