Sinulingga, Alexander Evan (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 106172 TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6103311018 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 6103311018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
3. NIM. 6103311018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 6103311018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM. 6103311018 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. NIM. 6103311018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7. NIM. 6103311018 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
8. NIM. 6103311018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 6103311018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13. NIM. 6103311018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 6103311018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
Abstract
Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V Negeri 106172 Tuntungan Tahun Ajaran 2015/2016. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Jalan Pendidikan Desa Tuntungan, Kecamatan Pancur Batu,Kabupaten Deli Serdang di SD Negeri 106172 Tuntungan Tahun Ajaran 2015/2016, waktu penelitian pada bulan November 2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106172 Tuntungan Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 orang. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah pendekatan bermain seperti: Permainan lari tepuk menepuk pundak teman pada posisi jongkok,permainan lari melompati ban sesuai dengan langkah siswa,permainan lari memindahkan bendera dengan posisi badan condong kedepan. Jenis dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar Portofolio Proses Hasil Belajar Lari Sprint 10 Meter.
Hasil penelitan menyimpulkan : (1) Dari tes belajar siswa siklus I diproleh data sebanyak 20 orang siswa dengan persentase (57,15%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 15 orang siswa (42,85%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 74,04. (2) Dari hasil tes belajar II diproleh data sebanyak 31 orang siswa dengan persentase sebesar (88,57%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (11,42%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata 83,33%. Memenuhi kreteria ketuntasan secara klasikal yang di tetapkan yaitu 85%.
Berdasarkan hasil penelitian di atas,dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa-siswi kelas V SD Negeri 106172 Tuntungan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 029 |
Keywords: | Pandidikan Jasmani; Atlitik; Bermain |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 03:50 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8229 |