Sitorus, Ermida Hotmartua (2015) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI SMP NEGERI 6 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136171021COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. 8136171021LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
3. 8136171021ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. 8136171021KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. 8136171021DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. 8136171021DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
7. 8136171021DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. 8136171021DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. 8136171021BAB I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
13. 8136171021BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. 8136171021DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran khususnya LKS berbasis pendekatan saintifik yang telah dikembangkan,(2) Menghasilkan produk pengembangan perangkat pembelajaran yang valid berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan berpikir kritis siswa di SMPN 6 Medan, dan (3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model four D yang telah dimodifikasi dan rancangan dalam uji coba menggunakan one group pretest-postest design. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,41; LKS = 4,37; buku guru = 4,38 dan buku siswa = 4,38 (2) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik telah memenuhi kriteria kepraktisan yang ditinjau dari (a) uji coba I diperoleh rerata realisasi keterlaksanaan perangkat sebesar 72,3 dengan kategori tinggi dan pada uji coba II diperoleh rerata realisasi keterlaksanaan perangkat sebesar 85,75 dengan kategori sangat tinggi. (b) jika respon siswa diperoleh lebih besar atau sama dengan 80% maka kategori respon positif/siswa senang terhadap komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Pada uji coba I diperoleh rerata total respon positif siswa sebesar 91%, dan pada uji coba II diperoleh rerata total respon positif siswa sebesar 92,59% sehingga kriteria ini telah tercapai. (3) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik telah memenuhi kriteria efektif yang ditinjau dari (a) uji coba I diperoleh rerata realisasi keterlaksanaan perangkat sebesar 72,5 dengan kategori tinggi dan pada uji coba II diperoleh rerata realisasi keterlaksanaan perangkat sebesar 88,75 dengan kategori sangat tinggi. (b) jika respon siswa diperoleh lebih besar atau sama dengan 80% maka kategori respon positif/siswa senang terhadap komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Pada uji coba I diperoleh rerata total respon positif siswa sebesar 91,06%, dan pada uji coba II diperoleh rerata total respon positif siswa sebesar 94,79% sehingga kriteria ini telah tercapai. (4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan berpikir kritis matematis dengan menggunakan perangkat pembelajaran khususnya LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi persamaan linier satu variabel dan pertidaksamaan linier satu variabel diperoleh dari rata-rata pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis pada uji coba I sebesar 2,71 meningkat menjadi 3,00 pada uji coba II dan rata-rata pencapaian keterampilan berpikir kritis matematis pada uji coba I sebesar 3,21 meningkat menjadi 3,32 pada uji coba II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sit p |
Keywords: | Pengembangan LKS; Pendekatan saintifik; Kemampuan pemecahan masalah matematis; Keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 03:01 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8218 |