PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIK ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SMP N 2 BANDAR KHALIPAH

Tamba, Hergustison (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIK ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SMP N 2 BANDAR KHALIPAH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8136172036 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8136172036 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8136172036 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8136172036 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8136172036 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8136172036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8136172036 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8136172036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8136172036 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8136172036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8136172036 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8136172036 TABLES.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8136172036 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8136172036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8136172036 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8136172036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8136172036 CHAPTER V .pdf]
Preview
Text
12. 8136172036 CHAPTER V .pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8136172036 BIBLIOGRAPHY .pdf]
Preview
Text
13. 8136172036 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahuntukmengetahui: (1) apakahterdapatperbedaankemampuan Pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan Model pembelajaran berbasis masalahdanModel pembelajaranlangsung (2) apakahterdapatperbedaanKomunikasi Matematik siswa yang diajar dengan Model pembelajaran berbasis masalahdanModel pembelajaranlangsung (3) apakah terdapat interaksi antara Pendekatan pembelajaran (PBM dan PL) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan Pemahaman konsep matematis siswa, (4) apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran (PBM dan PL) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap Komunikasi Matematik siswa, (5) bagaimana proses penyelesaian masalah Pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan Model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Bandar Khalipah yang terbagidalam 6kelas, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 80 siswa melalui teknikcluster random sampling. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)terdapatperbedaanpeningkatan kemampuan Pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan Model pembelajaran berbasis masalahdanModel pembelajaranlangsung (2) terdapatperbedaanpeningkatan Komunikasi Matematik siswa yang diajar dengan Model pembelajaran berbasis masalahdanModel pembelajaranlangsung (3) terdapat interaksi antara Pendekatan pembelajaran (PBM dan PL) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan Pemahaman konsep matematis siswa, (4) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran (PBM dan PL) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan Komunikasi Matematik siswa, (5) pembahasan secara deskriptif tentang proses penyelesaian masalah Pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan Model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Tam p
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; Model pembelajaran langsung; Pemahaman konsep matematis; Komunikasi matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 08:58
Last Modified: 29 Jul 2016 08:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8201

Actions (login required)

View Item
View Item