Lestari, Tika (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN METODE VISUAL AUDITORI KINESTETIK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DOLOK MASIHUL SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6111511034 COVER.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2. NIM. 6111511034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
3. NIM. 6111511034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM. 6111511034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 6111511034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 6111511034 TABLES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7. NIM. 6111511034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 6111511034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 6111511034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
13. NIM. 6111511034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14. NIM. 6111511034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui metode VAKpada siswa kelas X SMA Negeri 1 Dolok Masihul Serdang Bedagai T.A 2015/2016.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Dolok MasihulJln. Mutiara No. 1 Pekan Dolok Masihul. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA – 1 yang berjumlah 34 orang yang terdiri dari 13 orang putra dan 21 orang putri yang dilaksanakan pada hari jumat tanggal 22 dan 19 february 2016 selama 2 minggu. Desain peneltian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan metode VAK(pree test) diperoleh 11 siswa (32,35%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 23 siswa (67,64%) belum mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar. Dengan nilai rata-rata 60,53. Kemudian dilakukan pembelajaran melalui metode VAK. (2) dari tes hasil belajar melalui metode VAKdisklus I diperoleh 16 siswa (47,05%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 18 siswa (52,94%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 70,24.
Kemudian dilakukan kembali pembelajaran melalui metode VAK. (3) dari tes hasil belajar melalui metode VAK disiklus II diperoleh 29 siswa (85,29%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata siswa adalah 75,73.
Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 5,49 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 32,35%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui metode VAKdapat meningkatkan hasil belajarpassing bawah bola voli pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Dolok Masihul Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 041 |
Keywords: | Hakikat penerapan metode pembelajaran VAK; hakikat passing bawah; hakikat pendidikan jasmani |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 04:42 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8182 |