Sihombing, Hendryanto (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN LEMPAR SIMPAI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 LIMAPULUH KECAMATAN LIMAPULUH KABUPATEN BATUBARA TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113112084 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 6113112084 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
3. NIM. 6113112084 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 6113112084 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 6113112084 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 6113112084 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 6113112084 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 6113112084 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 6113112084 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
13. NIM. 6113112084 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 6113112084 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar cakram melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Limapuluh Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batubara Tahun Ajaran2015/2016. Penelitian ini adalah siswa kelas VII yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran lempar simpai melalui atas tali, lomba memasukkan simpai kearah tiang, melempar simpai dari sikap menyamping dan diakhiri dengan gerak ikutan terhadap hasi belajar lempar cakram. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Ressearch).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar lempar cakram. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.
Setelah data terkumpul telah dilakukan analisis, maka diperoleh hasil analisisnya :(1) dari tes hasil belajar 1 di siklus I diperoleh 19 orang (57,57%) yang telah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata belajar siswa 64,47 (2) dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 28 orang (85 %) yang telah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata belajar siswa 79.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatan bahwa melalui variasi pembelajaran dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar lempar cakram gaya menyamping pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Limapuluh Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batubara T.A 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 060 |
Keywords: | Hakikat lempar cakram; hakikat variasi pembelajaran lempar cakram; hakikat atletik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 03:20 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8170 |