Harahap, Nurlina Ariani (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING). Masters thesis, UNIMED.
1. 8136172063. COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. 8136172063. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. 8136172063. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. 8136172063. PREFACE.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. 8136172063. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. 8136172063. TABLES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. 8136172063. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. 8136172063. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. 8136172063. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
13. 8136172063. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. 8136172063. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran biasa, (2) peningkatan motivasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran biasa, (3) interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan awal matematik terhadap kemampuan representasi matematis siswa (4) interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan awal matematik terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Torgamba sebanyak 70 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII (tujuh) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan representasi matematis dan angket motivasi belajar siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dalam penelitian dan homogenitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) peningkatan motivasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap kemampuan representasi matematis siswa, (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap motivasi belajar siswa. Temuan penelitian merekomendasikan model pembelajaran berbasis proyek dijadikan salah satu model pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi kreatif, variatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Har p |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis proyek; Kemampuan representasi matematis; Motivasi belajar siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 03:15 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8169 |