Zaimah (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SELF EFFICACY MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS NEGERI LUBUK PAKAM. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah, (2) Untuk meningkatkan self efficacy siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah, (3) Untuk mendeskripsikan kadar aktivitas siswa selama proses pembelajaran melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah, dan (4) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah di dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A MTs Negeri Lubuk Pakam yang berjumlah 28 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika dan self efficacy melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil tindakan pada siklus I setelah diberikan tes kemampuan komunikasi matematik siswa diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 57,16% dan setelah dilakukan refleksi dan pemberian tindakan siklus II ketuntasan klasikal siswa mencapai 85,72%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan komunikasi matematik siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, (2) Hasil tindakan pada siklus I setelah diberikan angket self efficacy siswa diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 71,43% dan setelah dilakukan refleksi dan pemberian tindakan siklus II ketuntasan klasikal siswa mencapai 82,15%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil angket self efficacy siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, (3) Pada pengamatan observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh 3 dari 5 kategori aktivitas siswa yang belum memenuhi kriteria persentase waktu ideal, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa mengalami perbaiki sehingga diperoleh 5 dari 5 kategori aktivitas siswa yang memenuhi kriteria persentase waktu ideal aktivitas siswa, dan (4) Hasil respon siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah menunjukkan respon yang positif, pada siklus I perolehan persentase respon siswa mencapai 87,27% dan meningkat pada siklus II menjadi 92,42%. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan self efficacy matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 515.252 071 Zai p |
Keywords: | Komunikasi matematika; Self efficacy; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 02:50 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8164 |