PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SELF EFFICACY MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS NEGERI LUBUK PAKAM

Zaimah (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SELF EFFICACY MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS NEGERI LUBUK PAKAM. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah, (2) Untuk meningkatkan self efficacy siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah, (3) Untuk mendeskripsikan kadar aktivitas siswa selama proses pembelajaran melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah, dan (4) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah di dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A MTs Negeri Lubuk Pakam yang berjumlah 28 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika dan self efficacy melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil tindakan pada siklus I setelah diberikan tes kemampuan komunikasi matematik siswa diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 57,16% dan setelah dilakukan refleksi dan pemberian tindakan siklus II ketuntasan klasikal siswa mencapai 85,72%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan komunikasi matematik siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, (2) Hasil tindakan pada siklus I setelah diberikan angket self efficacy siswa diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 71,43% dan setelah dilakukan refleksi dan pemberian tindakan siklus II ketuntasan klasikal siswa mencapai 82,15%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil angket self efficacy siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, (3) Pada pengamatan observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh 3 dari 5 kategori aktivitas siswa yang belum memenuhi kriteria persentase waktu ideal, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa mengalami perbaiki sehingga diperoleh 5 dari 5 kategori aktivitas siswa yang memenuhi kriteria persentase waktu ideal aktivitas siswa, dan (4) Hasil respon siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah menunjukkan respon yang positif, pada siklus I perolehan persentase respon siswa mencapai 87,27% dan meningkat pada siklus II menjadi 92,42%. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan self efficacy matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 515.252 071 Zai p
Keywords: Komunikasi matematika; Self efficacy; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 02:50
Last Modified: 29 Jul 2016 02:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8164

Actions (login required)

View Item
View Item