Herwanto. (2015) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING SODEL POLYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SELAS V B SDN 106836 TANJUNG MORAWA T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36164 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
36164 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
36164 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
36164 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
36164 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
36164 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
36164 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
36164 BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
36164 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
36164 PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran matematika di sekolah dasar sebagai respon rendahnya hasil belajar dalam mata pelajaran matematika pada materi pokok perbandingan dan skala.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode problem solving model Polya pada materi pokok perbandingan dan skala. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V B SD Negeri 106836 Tanjung Morawa Tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 orang.Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif (rata-rata dan persentase). Sedangkan kriteria ketuntasan belajar didasarkan pada ketuntasan secara perorangan dan klasikal. Seorang siswa dikatakan telah tuntas apabila telah mendapat nilai minimal 65 dan satu kelas dikatakan tuntas belajar jika di kelas tesebut telah terdapat minimal 85% siswa yang telah tuntas.Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan siklus I, peneliti melakukan tes awal (pretest). Hasil penelitian yang diperoleh rata-rata pretes sebelum menggunakan metode problem solving adalah sebesar 39,84 secara klasikal hanya 6 orang siswa (19,35%) yang memiliki hasil belajar yang tinggi, selebihnya memiliki hasil belajar yang kurang optimal. Rata-rata hasil belajar siswa pada postest siklus I setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving adalah 66,45 secara klasikal dinyatakan 17 orang siswa (54,84%) yang memiliki hasil belajar yang tinggi, berarti terjadi peningkatan sebesar 35,39%. Pada pemberian postest II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa adalah 78,23 secara klasikal dinyatakan bahwa 28 orang (90,32%) yang memiliki hasil belajar yang tinggi, berarti terjadi peningkatan sebesar 35,48% dari hasil postest I.Observasi digunakan untuk mengetahu peningkatan keberhasilan guru dalam mengajar dan aktivitas belajar siswa. Hasil observasi mengajar guru pada siklus I tergolong kategori cukup dengan persentase 54,17% dan aktivitas siswa tergolong kategori cukup dengan persentase 54,64%. Pada siklus II hasil observasi mengajar guru tergolong sangat baik dengan persentase 91,67% dan aktivitas belajar siswa tergolong kategori baik dengan persentase 69,49%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode problem solving model Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Her p |
Keywords: | metode problem solving model Polya, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8013 |