Hanie, Fitry Nurul (2014) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN AKTUALISASI DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BINJAI KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103351014 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103351014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
1103351014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
1103351014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
1103351014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
1103351014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
1103351014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
1103351014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1103351014 BAB I.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
1103351014 BAB V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
1103351014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap peningkatan kemampuan aktualisasi diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap peningkatan kemampuan aktualisasi diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas X SMA Negeri 1 Binjai yang berjumlah 175 siswa. Sampel ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 10 orang yang berasal dari kelas X4.Instrumen penelitian adalah angket yaitu angket tentang aktualisasi diri siswa. Bentuk angket yang digunakan adalah bentuk pilihan atau multiple choice sebanyak 50 butir yang terlebih dahulu diujicobakan kepada siswa kelas X2 kemudian dianalisis untuk mendapatkan butir item angket yang valid dan reliabel. Dari hasil uji coba diperoleh 30 butir item angket yang valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk pengumpulan data selanjutnya. Dari hasil angket dalam pre-test diperoleh rata-rata sebesar 73,6 dan post-test diperoleh rata-rata sebesar 89,1. Dari hasil tersebut tampak terjadi peningkatan kemampuan aktualisasi diri siswa sebesar 15,5.Teknik uji hipotesis menggunakan rumus uji (t) dengan perolehan thitung sebesar 11,74 dan ttabel sebesar 2,262. Maka hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh yang signifikan pada pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap peningkatan kemampuan aktualisasi diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2013/2014 dapat diterima. Hal ini dapat terlihat dari thitung > ttabel (11,74 > 2,262).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Han p |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Model dan Teknik; Teknik Diskusi Kelompok; Aktualisasi diri; Cara Mengukur |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7831 |