Rambe, Ulfa Yaumil Hizry (2014) MENINGKATKAN HARGA DIRI (SELF-ESTEEM) SISWA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI DI SMK NEGERI 13 MEDAN KELAS X TKJ T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151067 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1103151067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1103151067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
1103151067 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
1103151067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
1103151067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
1103151067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
1103151067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
1103151067 BAB I.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
1103151067 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
1103151067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat peningkatan harga diri (self- esteem) siswa dalam kehidupan sosial melalui layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Penelitian ini dilaksanakan pada pertengahan bulan Mei 2014. Tempat penelitian ini adalah SMK Negeri 13 Medan yang beralamat di Jalan Seruwai Medan Labuhan.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 13 Medan yang terdiri dari 30 orang siswa. Kemudian melalui instrumen penilaian harga diri (self-esteem) siswa dalam kehidupan sosial diperoleh 10 siswa yang menjadi subjek penelitian.Dari hasil analisis data diperoleh 4 orang siswa yang memiliki harga diri rendah, 2 orang siswa yang memiliki harga diri kurang dan 4 orang siswa yang memiliki harga diri cukup dalam kehidupan sosial. Setelah tindakan siklus I dilaksanakan, 6 siswa mengalami peningkatan. Dimana 4 siswa yang sebelumnya berada pada kategori rendah meningkat menjadi kurang, 1 orang siswa berada pada kategori kurang meningkat menjadi cukup dan 1 orang siswa berada pada kategori cukup meningkat menjadi tinggi. Setelah tindakan siklus II peningkatan terjadi pada 8 siswa, dimana 5 orang siswa yang sebelumnya berada pada kategori kurang meningkat menjadi cukup dan 3 orang siswa yang sebelumnya berada pada kategori cukup menjadi tinggi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan harga diri (self-esteem) siswa dalam kehidupan sosial. Maka peneliti menyarankan guru bimbingan konseling dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi sebagai alternatif yang tepat menangani permasalahan siswa khususnya meningkatkan harga diri (self-esteem) dalam kehidupan sosial pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri Medan tahun 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Ram m |
Keywords: | Harga Diri; Kehidupan Sosial; Bimbingan Kelompok; Asas-asas; Teknik Diskusi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7822 |