Saragih, Susilawaty Octovera (2014) PENGARUH BERMAIN BOLA TERHADAP PENGENALAN LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103113055 COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
1103113055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
1103113055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
1103113055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
1103113055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
1103113055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103113055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1103113055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103113055 BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
1103113055 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1103113055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103113055 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang menjadi bahan pokok penelitian ini adalah terdapat anak yang masih kurang berkembang kemampuan kognitifmya khususnya dalam mengenal lambang bilangan. Ada anak yang mampu menyebutkan lambang bilangan/angka namun tidak secara berurut tetapi tidak mengenal dan memahami lambang dari angka tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain bola terhadap pengenalan lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Amir Hamzah Medan tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok kelas A yang ada di TK Amir Hamzah Medan yang berjumlah 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara membuat undian. Pengambilan pertama terambil satu kelas secara acak yaitu kelas A1 sebagai kelas kontrol dan pengambilan kedua terambil satu kelas secara acak yaitu kelas A2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan uji homogenitas, normalitas dan hipotesis (Uji-t) Hasil analisis data observasi akhir pengenalan lambang bilangan anak dengan menggunakan uji homogenitas, perolehan nilai fhitung (1,79) < nilai ftabel (2,33) (homogen). Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,200 diperoleh thitung (6,08) > ttabel (1,7022) berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari bermain bola terhadap pengenalan lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Amir Hamzah Medan. Bermain bola dapat dijadikan salah satu alternatif dalam mengembangkan pengenalan lambang bilangan anak di TK Amir Hamzah Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.019 Sar p |
Keywords: | Lambang Bilangan; Bermain; Bola; Aspek Kognitif; Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7787 |