Bangun, Rosmawita (2014) PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN BANGSA KUALA, KECAMATAN KUALA, KABUPATEN LANGKAT T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103113048 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
1103113048 LEMBAR PENGESAHAN - PERSETUJUAN - PERBAIKAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1103113048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
1103113048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1103113048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1103113048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103113048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113048 BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
1103113048 BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1103113048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Kemampuan kognitif anak perlu dikembangkan sejak dini. Kemampuan kognitif sangat berpengaruh bagi seseorang untuk dapat mewujudkan sesuatu dengan kepintaran, pemikiran dan daya ingat seseorang dalam kehidupannya sehari-hari. Masalah yang kerap dijumpai dilapangan masih kurangnya kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun seperti anak belum memiliki keberanian untuk menjawab pertanyaan dari guru, anak belum mampu mengenal bentuk geometri minimal 4 bentuk, anak belum dapat mengenal ukuran dan warna minimal 6 warna, anak belum dapat mengenal bilangan 1-20, dan belum dapat mengenal abjad a-z. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak adalah melalui metode tanya jawab. Selain mengembangkan kemampuan kognitif anak, metode tanya jawab juga dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Bangsa Kuala, Langkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tanya jawab terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Bangsa, Kecamatan Kuala, Kab. Langkat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode tanya jawab dan satu kelas dengan menggunakan teknik bercerita yaitu kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 10 anak. Variabel bebas adalah metode tanya jawab sedangkan variabel terikat adalah kemampuan kognitif. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji-t. Dan observasi dilakukan pengobservasi dengan pedoman observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 14,0 dengan nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 12, sehingga kemampuan kognitif anak pada kelas eksperimen tergolong dalam kategori bagus. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 9,9 dengan nilai tertinggi 11 dan nilai terendah 8, sehingga kemampuan kognitif anak pada kelas kontrol tergolong dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan kognitif anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,932 > 1,733 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian metode tanya jawab berperngaruh secara signifikan terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Bangsa Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.22 Ban p |
Keywords: | Metode Tanya Jawab; Kemampuan Kognitif; Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7786 |