Turnip, Lenna Erwinda (2014) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI SISWA KELAS XI SMA KATOLIK BUDI MURNI-3 MEDAN T.A 2013/ 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151035 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
1103151035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
1103151035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
1103151035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
1103151035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
1103151035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103151035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
1103151035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103151035 PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
1103151035 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
1103151035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi berpengaruh terhadap kemampuan mengelola emosi siswa kelas XI SMA Katolik Budi Murni-3 Medan Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi terhadap kemampuan mengelola emosi siswa kelas XI SMA Katolik Budi Murni-3 Medan Tahun Pelajaran 2013/ 2014.Penelitian ini merupakan penelitiankuasi eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Katolik Budi Murni-3 Medan yang berjumlah 10 orang. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan uji wilcoxon. Hasil analisis data test awal (pre-test) diperoleh skor kemampuan mengelola emosi siswa dengan rata-rata 56,8 sedangkan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi (post-test) diperoleh rata-rata 74,4 artinya rata-rata skor kemampuan mengelola emosi siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi (74,4 > 56,8), atau terjadi peningkatan sebesar 23,65%dengan hasil perhitungan uji wilcoxon pada taraf signifikan 5% (N=10) yaitu bahwa J_hitung>J_tabel= (24>8).Adanya peningkatan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi terhadap kemampuan mengelola emosi siswa kelas XI SMA Katolik Budi Murni-3 Medan Tahun Ajaran 2013/ 2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Tur p |
Keywords: | Mengelola Emosi; Kemampuan; Bimbingan Kelompok; Teknik Simulasi; Tahap Pelaksanaan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7691 |