Purba, Candro J (2014) PENGARUH KECERDASAN EMOSINONAL TERHDAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 101774 SAMPALI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111008 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
1103111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
1103111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
1103111008 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
1103111008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
1103111008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
1103111008 TABLES.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
1103111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
1103111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
1103111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika siswa SD Negeri 101774 Sampali T.A. 2013/2014? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 101774 Sampali. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Melalui korelasional akan dicari pengaruh antara dua variabel yaitu kecerdasan emosional dengan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101774 Sampali. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yakni seluruh siswa kelas IV terdiri dari kelas IV A yang berjumlah 44 siswa dan IV B yang berjumlah 41 siswa.Data tentang kecerdasan emosional dikumpulkan dengan metode angket dan hasil belajar matematika siswa dengan metode dokumentasi. Berdasarkan Hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 101774 Sampali Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan korelasi yakni nilai rhitung > rtabel (0.224> 0.213). Hasil korelasi selanjutnya diuji dengan hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung = 2.06 sedangkan ttabel = 1.663 dengan dk = n – 2 pada taraf signifikan α = 0.05 (5%), Dengan demikian hipotesis yang menyatakan “terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 101774 Sampali teruji kebenarannya dengan signifikan thitung > ttabel (2.06 > 1.663). Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah hendaknya siswa terus berusaha untuk memperhatikan kecerdasan emosi untuk meningkatkan hasil belajar, khususnya di mata pelajaran matematika, guru hendaknya lebih memperhatikan tingkat kecerdasan siswa terutama pada kecerdasan emosionalnya. Dengan demikian, siswa mampu mengontrol emosi dan kemauan belajarnya guna meningkatkan kualitas hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika. Pihak sekolah diharapkan mampu dalam pengembangan dan peningkatam kulaitas pengajaran dengan senantiasa memperhatikan kecerdasan emosional siswa guna meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.92 Pur p |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Pembelajaran Matematika; Pengertian Kecerdasan Emosional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7647 |