Hartati, Sri Wahyuni (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI NO. 107415 BATANG KUIS TA. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311105 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109311105 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
109311105 PREFACE.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
109311105 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
109311105 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
109311105 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
109311105 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
109311105 CHPATER I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
109311105 CHPATER V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
109311105 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, guru hanya menggunakan model ataupun metode pembelajaran ceramah yang memusatkan kegiatan hanya pada guru sehingga siswa bosan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi Teknologi Transportasi di Kelas IV SD Negeri No. 107415 Batang Kuis TA. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No. 107415 Batang Kuis yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Adapun prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus. Dimana siklus I terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, dimana siklus II lebih memfokuskan penggunaan model Mind Mapping. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi setiap item yang diobservasi Setelah dilaksanakan pretest hasil tes awal diperoleh rata-rata nilai kemampuan awal siswa sebesar 35,15. 6 orang siswa tuntas dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 18,18%. Adapun hasil observasi kegiatan siswa pada tahap awal ini sebesar 48,91%, dengan kategori kurang. Setelah dilakukan siklus I, hasil posttest tingkat penguasaan siswa meningkat menjadi rata-rata 55,45. 17 orang siswa tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 51,51% dan secara klasikal siswa belum mencapai ketuntasan dalam belajar. Dan hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I ini sebesar 60,6%, dengan kategori kurang. Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan memfokuskan penggunaan model Mind Mapping, tingkat penguasaan siswa meningkat menjadi rata-rata 86,06. 31 orang siswa tuntas dengan ketuntasan klasikal 93,93% atau secara klasikal siswa telah mencapai ketuntasan dalam belajar. Dan hasil observasi kegiatan siswa pada siklus II sebesar 83,10%, dengan kategori baikDengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri No. 107415 Batang Kuis TA. 2013/2014 pada mata pelajaran IPS dalam materi Teknologi Transportasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.4 Har p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Siswa; Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7474 |