Siahaan, Melva (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311053 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
1103311053 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
1103311053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
1103311053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
1103311053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
1103311053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
1103311053 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
1103311053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
1103311053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
1103311053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
1103311053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1103311053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tife STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Koperasi Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Koperasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tife STAD. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi motivasi belajar siswa dan guru. Kriteria ketuntasan motivasi belajar siswa didasarkan ketuntasan secara perorangan dengan nilai ≥ 70. Dan secara klasikal ketuntasan sluruh siswa dikatakan telah termotivasi dalam belajar apabila mendapatkan nilai ≥ 80. Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus Yaitu : Pada siklus I Pertemuan I diperoleh data bahwa sekitar 34,37% yang motivasi belajarnya tergolong sangat rendah, Pada siklus I pertemuan II diperoleh data bahwa sekitar 50.00% yang motivasi belajarnya tergolong rendah , Pada siklus II pertemuan I diperoleh data bahwa 71,87% yang motivasi belajarnya tergolong sedang, dan Pada siklus II pertemuan II diperoleh data bahwa 90,62% yang motivasi belajarnya tergolong sangat tinggiDari penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tife STAD pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya penerapan model pembelajaran kooperatif tife STAD digunakan guru sebagai salah satu alternatif guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, maupun pada mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.89 Sia p |
Keywords: | Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Motivasi Belajar; STAD; Sekolah; IPS; Materi Pelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7469 |