Hutajulu, Ernita N (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY DAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) DI SD NEGERI NO 101880 TANJUNG MORAWA TP 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111023 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
109111023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
109111023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
109111023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
109111023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109111023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
109111023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
109111023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
109111023 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109111023 BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
109111023 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
109111023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode discovery dan metode think pair share (TPS) pada materi gaya kelas IV SDN 101880 Tanjung Morawa TP 2012/2013.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101880 Tanjung Morawa tahun 2012/2013 dengan jumlah 60 orang yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas IVA dan kelas IVB. Sampel dalam penelitian ini di ambil dari dua kelas tersebut yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 4 pilihan jawaban.Uji normalitas menggunakan uji Lilliefors. Untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,1306, Ltabel = 0,1730 , sedangkan kelas kontrol didapat Lhitung = 0,1389, Ltabel= 0,1496. Lhitung < Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa data kedua sampel berdistribusi normal. Selanjutnya uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,941, Ftabel = 1,958. Fhitung < Ftabel, maka dapat disimpulkan sampel kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen.Berdasarkan analisis data kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pretes 63,2 dengan standar deviasi 13,91, untuk rata-rata nilai postes 78,8 dengan standar deviasi 10,03. Untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretes 54,71 dengan standar deviasi 17,98, untuk rata-rata nilai postes 69 dengan standar deviasi 13,97. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, diperoleh thitung = 3,09 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 58 dan harga ttabel = 1,671. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 3,09 > 1,671, maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada perbedaan hasil belajar IPA siswa pada materi gaya yang diajarkan dengan metode Discovery dan metode Think Pair Share (TPS).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Hut p |
Keywords: | Prinsip - prinsip belajar; Hasil belajar; Metode discovery; Metode think pair nshare; Pembelajaran sains; Gaya. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7388 |