Syafaruddin (2013) EFEKTIVITAS METODE HIPNOSIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANG BARU ACEH TAMIANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208111084 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
208111084 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (715kB) | Preview
208111084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
208111084 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
208111084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
208111084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
208111084 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
208111084 BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
208111084 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Hipnosis terhadappeningkatan kemampuan bermain drama oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1Karang Baru Aceh Tamiang Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitianini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karang Baru Aceh Tamiangsebanyak 228 orang. Sampel diambil sebanyak 30, sampel ditarik secara randomsampling dari semua kelas.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengandesain one group pretes-postes, yaitu untuk mengetahui efektivitas metode yangdigunakan, Alat pengumpulan data adalah tes unjuk kerja.Hasil belajar dengan menggunakan metode kemampuan tes awal siswa ataupretest (bermain drama tanpa menggunakan metode Hipnosis) menunjukkan nilairata-rata sebesar 53,5714, sedangkan nilai rata-rata tes akhir atau postest(bermain drama tanpa menggunakan metode Hipnosis) adalah 76,9048. Hal inimembuktikan bahwa adanya peningkatan yang positif , yaitu dari rata-rata tesawal 53,5714 menjadi 76,9048 sebagai tes akhir.Analisis pengelolaan data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji “t”.Dengan uji statistik Paired-Sample T Test pada program SPSS-17. Kriteriapengujian adalah dengan membandingkan nilai Sig. dengan nilai α (0,05), yakniapabila nilai Sig. lebih kecil daripada nilai α, maka dapat dinyatakan bahwahipotesis diterima atau dengan mengkonsultasikan to terhadap ttabel, apabila tolebih bersar dari ttabel maka hipotesis diterima, diketahui dk = 29, maka diperolehdiperoleh taraf signifikansi 5% = 2,04. Setelah dikonsultasikan, ternyata thitungyang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu (14.845) > 2,04 ini berarti H0 ditolak.Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0)ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Lebih lanjut, hasil ini dapatdibuktikan dengan mengkonsultasikan nilai sig (2-tailed) terhadap ½ α. Apabilasig (2-tailed) > ½ α maka H0 diterima dan jika sig (2-tailed) < ½ α maka H0ditolak. Dari keterangan tersebut, dibuktikan bahwa sig (2-tailed) (0,000) < ½ α(0,025), maka H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaankemampuan siswa dalam bermain drama sebelum dan sesudah menggunakanmetode Hipnosis. Ini membuktikan bahwa metode Hipnosis efektiv dalammeningkatkan kemampuan bermain drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 1Karang Baru Aceh Tamiang Tahun Ajaran 2012/201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.207 12 Sya e |
Keywords: | Drama; Jenis drama; Tragedi; Melodrama; Seni bermain; Hipnosis; Alat ukur. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7385 |