HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 106806 CINTA RAKYAT TAHUN AJARAN 2012/2013

Andriani, Wily (2013) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 106806 CINTA RAKYAT TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109311115 COVER.pdf]
Preview
Text
109311115 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 109311115 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109311115 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 109311115 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109311115 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 109311115 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109311115 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 109311115 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109311115 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 109311115 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109311115 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 109311115 BAB I.pdf]
Preview
Text
109311115 BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 109311115 BAB V.pdf]
Preview
Text
109311115 BAB V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 109311115 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109311115 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 106806 Cinta Rakyat tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri No.106806 Cinta Rakyat tahun ajaran 2012/2013”.Penelitian ini termasuk penelitian jenis deskriptif korelasional. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 106806 Cinta Rakyat, yang beralamat di jalan Trunojoyo gang rela Desa Cinta Rakyat Kec. Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V-B sebanyak 38 siswa, dalam penelitian ini populsai dijadikan sampel. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis korelasi sederhana. Uji hipotesis menggunakan korelasi product moment dari Pearson, uji homogenitas menggunakan uji F, uji kesignifikan hubungan variabel menggunakan uji-t.Dari hasil analisis data maka dapat diketahui bahwa harga thitung dikonsultasikan dengan harga ttabel pada α = 0,05 dengan dk = n – 2 = 38 – 2 = 36, dan didapat ttabel = 1,684. Hal ini menunjukkan bahwa harga thitung lebih besar dari ttabel yaitu 10,834 > 1,684 dengan kata lain hipotesis diterima.Dengan demikian hipotesis dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 106806 Cinta Rakyat tahun ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.83 And h
Keywords: Hasil belajar; IPS; Contextual teaching and learning; IPS; Pembelajaran; Kemerdekaan Indonesia; Konstekstual.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 29 Jul 2016 06:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7351

Actions (login required)

View Item
View Item