Hasibuan, Safridani (2013) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN HEURISTIK PADA SISWA KELAS IV SDN 023972 BINJAI T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111057 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
109111057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
109111057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
109111057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109111057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
109111057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109111057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109111057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109111057 BAB I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
109111057 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109111057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar matematika siswa khususnya pada pokok bahasan Pecahan. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa pada pokok bahasan Pecahan dengan menggunakan pendekatan heuristik pada siswa kelas IV SDN 023972 Binjai T.A 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian siswa kelas IV-A yang berjumlah 24 orang, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Alat pengumpul data berupa lembar observasi. Penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilakukan 2 x pertemuan.Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I pertemuan I terdapat 2 siswa (8,33%) minat belajarnya rendah, 13 siswa (54,17%) minatnya sedang, dan 9 siswa (37,50%) minatnya tinggi. Pertemuan II siswa yang minatnya sedang 10 orang (41,67%), siswa yang minatnya tinggi meningkat 12 orang (50,0%), dan siswa yang minatnya sangat tinggi 2 orang (8,33%). Pada siklus II pertemuan I terdapat 14 siswa (58,33%) minat belajarnya tinggi dan 10 siswa (41,67%) minatnya sangat tinggi. Pertemuan II siswa yang minatnya tinggi 6 orang (25,00%) dan siswa yang minatnya sangat tinggi meningkat 18 orang (75,00%). Pada siklus I persentase klasikal minat belajar 59,74% meningkat 21,68% pada siklus II menjadi 81,42%. Kesimpulannya minat belajar matematika siswa meningkat dengan menggunakan pendekatan heuristik.Kata Kunci : Minat Belajar, Pecahan, dan Pendekatan Heuristik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.705 Has m |
Keywords: | Belajar; Minat belajar; Pembelajaran; Heuristik; Matematika; Soal cerita; Pecahan. |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7306 |