Wardani SMT, Sari (2013) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK (TEKNIK SOSIODRAMA) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN KONFLIK INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109151057 Cover.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109151057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (425kB)
109151057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
109151057 Abstrak.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109151057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
109151057 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
109151057 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
109151057 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
109151057 BAB I.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
109151057 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109151057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap perkembangan kemampuan pemecahan konflik interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap perkembangan kemampuan pemecahan konflik interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013.Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas VIII-E SMP Negeri 3 Medan tahun ajaran 2012/2013. Data yang digunakan untuk mengetahui perkembangan kemampuan pemecahan konflik interpersonal siswa dikumpulkan melalui angket. Data dianalisis dengan uji perbedaan rerata skor pre-test dan post-test dengan menggunakan uji t.Hasil penelitian menunjukkan pada uji hipotesis (t hitung > t tabel yaitu 7,146529 > 1,83 pada taraf signifikan 5 %). Treatment layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terbukti efektif untuk mengembangkan kemampuan pemecahan konflik interpersonal siswa dengan perbedaan skor post-test dan pre-test sebesar 113,3> 71,6. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat mengembangkan kemampuan pemecahan konflik interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371 404 7 / War/ p |
Keywords: | KEMAMPUAN PEMECAHAN; JENIS KONFLIK; DAMPAK KONFLIK INTERPERSONAL; BIMBINGAN KELOMPOK; TEKNIK SOSIONALISME |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7239 |